Thursday 16 October 2014

Implikasi Perkembangan Teknologi Komunikasi di Dunia Periklanan


Perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak besar terhadap aspek-aspek kehidupan kita sehari-hari, perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak yang sangat besar terhadap dunia advertising/periklanan baik secara global di dunia maupun di negara Indonesia kita sendiri.



Sering kali melihat bagaimana iklan-iklan di dalam media televisi,internet, ataupun media cetak sudah banyak mendapat perubahan yang sangat besar terjadi di dalamnya. Sarana periklanan pada zaman dahulu sangatlah berbanding terbalik dengan apa  yang di tawarkan dalam iklan pada zaman sekarang.

Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.

Kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.



Meski iklan digunakan untuk memperkenalkan suatu produk, namun tidak sedikit pembuat iklan yang ingin tayangan iklannya selalu diingat oleh penonton, sehingga mereka membuat iklan dengan cerita-cerita unik dari lucu hingga romantis. Tak lupa mereka menyertakan kalimat-kalimat yang menjadi trade mark bagi produk tersebut, sehingga sekalipun iklan tersebut sudah tidak ada lagi, masih banyak orang yang ingat dengan kalimat tersebut.

Iklan yang masih kita ingat mungkin adalah iklan-iklan di tahun 90-an. Saat itu banyak iklan unik yang membuat kita selalu ingat tidak hanya produknya, melainkan cerita iklannya.

Seperti iklan pengharum ruangan ini berbeda antara versi dulu dan sekarang. Versi tahun 1995, iklan ini mengangkat cerita romantis tentang pria yang hanya membawa setangkai bunga untuk teman wanitanya. Namun berkat semprotan pengharum ruangan tersebut, bunga itu menjadi wangi. Berbeda dengan versi terbarunya yang lebih modern dan menekankan kemampuan pengharum ruangan untuk membunuh bakteri di udara.

Iklan masa kini memang sudah dilengkapi dengan visual efek yang membuatnya nampak canggih dan modern. Zaman sekarang tak sedikit iklan yang lebih kreatif dari iklan masa lalu. Tentu saja karena jaman sudah berubah, orang-orang membutuhkan sajian yang lebih ringkas dan tidak bertele-tele. Namun ada juga yang menggunakan konsep cerita, dikemas dengan lagu dan konsep yang modern.

Di era globalisasi seperti ini Teknologi adalah hal yang tidak dapat lepas dari berbagai aspek salah satunya periklanan, peran teknologi dari waktu ke waktu sangat mempengaruhi nilai pencapaian industri periklanan.



Seperti perbedaan computer zaman dahulu dan zaman sekarang. Jika Anda semua menyimak tentang perkembangan komputer sejak terjadinya perang dunia ke-2 yang terlibat peperangan tersebut berusaha untuk mengembangkan komputer hanya untuk mengeksploitpotensikan strategis yang dimiliki komputer sekitar tahun 1941, bahkan komputer itu sendiri di gunakan hanya untuk memecahkan kode rahasia serta mempercepat kemajuan kemajuan komputer. Orang yang pertama kali membangun sebuah komputer yaitu Konrad Zuse seorang insinyur dari Jerman merakit komputer Z3 yang hanya di dominasikan untuk pesawat terbang dan peluru kendali. Lama kelamaan komputer pun semakin maju dengan yang dinamakan sebagai komputer pemecah kode rahasia (colossus) sekitar tahun 1943.

Ciri-ciri penggunaan komputer zaman dulu adalah konsevatif, berbeda dengan saat ini yang cenderung agresif dan kontemporer. Dapat dilihat dari istilah-istilah yang digunakan, zaman dulu lebih banyak digunakan untuk istilah-istilah formal. Sedangkan jaman sekarang/jaman modern ini komputer lebih banyak digunakan untuk istilah-istilah non-formal, yaitu bermain games atau yang lainnya. Pengembangan komputer jaman modern ini sangat pesat/sangat banyak yang memilikinya dibandingkan dengan jaman dahulu. Dengan kualitas-kualitas yang begitu baru bahkan lebih canggih dibandingkan dengan jaman-jaman sebelumnya.




seiring dengan perkembangan teknologi khusunya teknologi komunikasi iklan kita bisa terpampang dimana saja dengan berbagai inovasi dan ide-ide kreatif  serta menggunakan teknologi yang canggih, maka sebuah iklan sekarang ini dapat menarik peminatnya, semakin iklan itu menarik maka akan semakin banyak peminat yang membeli produk yang di iklan kan tersebut.




No comments:

Post a Comment