Perkembangan teknologi komunikasi mempunyai
dampak besar terhadap aspek-aspek kehidupan kita sehari-hari, perkembangan
teknologi komunikasi mempunyai dampak yang sangat besar terhadap dunia
advertising/periklanan baik secara global di dunia maupun di negara Indonesia
kita sendiri.
Sering kali melihat bagaimana iklan-iklan di
dalam media televisi,internet, ataupun media cetak sudah banyak mendapat
perubahan yang sangat besar terjadi di dalamnya. Sarana periklanan pada zaman
dahulu sangatlah berbanding terbalik dengan apa
yang di tawarkan dalam iklan pada zaman sekarang.
Periklanan (Advertising) merupakan suatu
bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau
mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk
atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan
manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki
potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.
Kegiatan promosi atau yang biasa disebut
dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi
dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang
perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.
Meski iklan digunakan untuk memperkenalkan
suatu produk, namun tidak sedikit pembuat iklan yang ingin tayangan iklannya
selalu diingat oleh penonton, sehingga mereka membuat iklan dengan
cerita-cerita unik dari lucu hingga romantis. Tak lupa mereka menyertakan
kalimat-kalimat yang menjadi trade mark bagi produk tersebut, sehingga
sekalipun iklan tersebut sudah tidak ada lagi, masih banyak orang yang ingat
dengan kalimat tersebut.
Iklan yang masih kita ingat mungkin adalah
iklan-iklan di tahun 90-an. Saat itu banyak iklan unik yang membuat kita selalu
ingat tidak hanya produknya, melainkan cerita iklannya.
Seperti iklan pengharum ruangan ini berbeda
antara versi dulu dan sekarang. Versi tahun 1995, iklan ini mengangkat cerita
romantis tentang pria yang hanya membawa setangkai bunga untuk teman wanitanya.
Namun berkat semprotan pengharum ruangan tersebut, bunga itu menjadi wangi.
Berbeda dengan versi terbarunya yang lebih modern dan menekankan kemampuan
pengharum ruangan untuk membunuh bakteri di udara.
Iklan masa kini memang sudah dilengkapi dengan
visual efek yang membuatnya nampak canggih dan modern. Zaman sekarang tak
sedikit iklan yang lebih kreatif dari iklan masa lalu. Tentu saja karena jaman
sudah berubah, orang-orang membutuhkan sajian yang lebih ringkas dan tidak
bertele-tele. Namun ada juga yang menggunakan konsep cerita, dikemas dengan
lagu dan konsep yang modern.
Di era globalisasi seperti ini Teknologi
adalah hal yang tidak dapat lepas dari berbagai aspek salah satunya periklanan,
peran teknologi dari waktu ke waktu sangat mempengaruhi nilai pencapaian
industri periklanan.
Seperti perbedaan computer zaman dahulu dan
zaman sekarang. Jika Anda semua menyimak tentang perkembangan komputer sejak
terjadinya perang dunia ke-2 yang terlibat peperangan tersebut berusaha untuk
mengembangkan komputer hanya untuk mengeksploitpotensikan strategis yang
dimiliki komputer sekitar tahun 1941, bahkan komputer itu sendiri di gunakan
hanya untuk memecahkan kode rahasia serta mempercepat kemajuan kemajuan
komputer. Orang yang pertama kali membangun sebuah komputer yaitu Konrad Zuse
seorang insinyur dari Jerman merakit komputer Z3 yang hanya di dominasikan
untuk pesawat terbang dan peluru kendali. Lama kelamaan komputer pun semakin
maju dengan yang dinamakan sebagai komputer pemecah kode rahasia (colossus)
sekitar tahun 1943.
Ciri-ciri penggunaan komputer zaman dulu
adalah konsevatif, berbeda dengan saat ini yang cenderung agresif dan
kontemporer. Dapat dilihat dari istilah-istilah yang digunakan, zaman dulu
lebih banyak digunakan untuk istilah-istilah formal. Sedangkan jaman
sekarang/jaman modern ini komputer lebih banyak digunakan untuk istilah-istilah
non-formal, yaitu bermain games atau yang lainnya. Pengembangan komputer jaman
modern ini sangat pesat/sangat banyak yang memilikinya dibandingkan dengan
jaman dahulu. Dengan kualitas-kualitas yang begitu baru bahkan lebih canggih
dibandingkan dengan jaman-jaman sebelumnya.
seiring dengan perkembangan teknologi
khusunya teknologi komunikasi iklan kita bisa terpampang dimana saja dengan
berbagai inovasi dan ide-ide kreatif
serta menggunakan teknologi yang canggih, maka sebuah iklan sekarang ini
dapat menarik peminatnya, semakin iklan itu menarik maka akan semakin banyak
peminat yang membeli produk yang di iklan kan tersebut.
No comments:
Post a Comment